Aku kira, dari semua pernikahan Rasulullah, yang paling fundamental menyoal dakwah, sekaligus ‘kontroversial’ pada zamannya, adalah pernikahan Rasulullah dengan Zainab binti Jahsy.

Pertama, karena pada saat itu Rasulullah beristri empat (yg masih hidup, yaitu Saudah, Aisyah, Hafshah, Ummu Salamah). Zainab yang kelima. Melalui pernikahan inilah Allah melegitimasi hak Rasulullah beristri lebih dari 4.

Kedua, karena Zainab adalah mantan istri anak angkat Rasulullah, Zaid bin Haritsah. Tradisi jahiliyyah Arab melarang seorang lelaki menikahi mantan istri ayah/anak angkatnya. Tradisi ini dihapus Islam melalui pernikahan Rasulullah dengan Zainab.

Ketiga, pernikahan ini jg melegitimasi larangan memakai nama ayah angkat sebagai nama belakang. Oleh krn itu, Zaid yang bertahun2 dikenal sbg Zaid bin Muhammad Rasulullah, mengubah namanya kembali menjadi Zaid bin Haritsah.

Tapi Zainab binti Jahsy bukanlah satu2nya Zainab yg diperistri Rasullah. Ada seorang Zainab lain yang juga diperistri beliau kendati umur pernikahan mereka singkat. Siapa dia?

Nanti aja yak. đŸ™‚

View on Path

Iklan
Kategori:Siklus
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: